Informasi Audit

Posted by admin Categorized Under: Tak Berkategori Add Comments

Informasi-informasi mengenai kegiatan Audit BAK UI

1. Audit Opinion Classifications

Bagi teman-teman mahasiswa, yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis Opini Audit yang diterbitkan oleh Badan Audit Kemahasiswaan UI Dapat mengunduhnya diKlasifikasi Opini Audit BAK UI

2. Forensics Accounting (Coming soon 2011)

Badan Audit Kemahasiswaan UI sedang mempelajari dan berusaha untuk mengembangkan sistem Forensics Accounting yang berguna untuk proses litigasi dan nir litigasi dalam kegiatan kemahasiswaan dengan melakukan investigasi dan pengumpulan bukti-bukti terhadap adanya indikasi fraud yang berhubungan dengan Corruption dan Misappropriation of Assets.

Kegiatan ini secara garis besar berguna dalam hal:

1. Sebagai suatu alat pengumpul bukti-bukti persidangan kemahasiswaan yang berkaitan dengan kecurangan, penggelapan, dan permasalahan keuangan lainnya yang bersifat korupsi, penyalahgunaan aset, dan penghilangan aset organisasi atau lembaga kemahasiswaan secara disengaja oleh pihak ketiga atau kedua.

2.Mencegah dan mengurangi adanya kemungkinan pemanfaatan aset organisasi dan lembaga kemahasiswaan yang tidak bertanggung jawab.

3. Dapat menjadi bahan evaluasi guna perbaikan sistem keuangan organisasi atau kelembagaan kemahasiswaan dalam upaya mencapai good organization governance.

4. Pembelajaran bagi mahasiswa yang melakukan kegiatan organisasi dan kelembagaan kemahasiswaan agar dapat secara profesional mengelola aset organisasi dan kelembagaan kemahasiswaan.

5. Pembelajaran praktikal sederhana bagi mahasiswa untuk mempelajari akuntansi forensik.

6. Membantu memberikan pemahaman bagi pembelajaran mahasiswa dengan membedakan secara jelas pemahaman mengenai Audit Keuangan dengan Audit Investigasi.

7. Membantu memberikan pemahaman keterkaitan akuntansi dengan hukum.

8. Membantu mahasiswa, organisasi, dan lembaga kemahasiswaan dalam proses litigasi dan nir litigasi yang berkaitan dengan keuangan kemahasiswaan

Ke depannya, jasa ini dapat digunakan oleh lembaga dan organisasi kemahasiswaan UI atau mahasiswa UI baik tingkat universitas maupun fakultas untuk membantu penyelenggaraan persidangan dan penyelesaian sengketa kemahasiswaan pada aset yang dinilai dalam keuangan.

Badan Audit Kemahasiswaan UI hanya akan memberikan jasa ini sesuai pengaduan dan permintaan dari:

1. Organisasi dan lembaga kemahasiswaan tingkat Fakultas dan Universitas di UI

2. Mahasiswa aktif UI

Badan Audit Kemahasiswaan UI akan menjaga kerahasiaan data sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing organisasi dan kelembagaan atau mahasiswa UI (kecuali yang dibutuhkan dalam persidangan dan diatur dalam UU IKM UI/Peraturan)

Mekanisme pengaduan dan penerimaan akan diatur lebih lanjut kemudian.

Tahun 2010 ini,

Bagi teman-teman mahasiswa (khusus bagi mahasiswa yang bukan pengurus dan staf lembaga kemahasiswaan tingkat fakultas dan universitas) yang tertarik untuk memberikan kontribusi sebagai tim penyusun dapat menghubungi 081903810200 (Hensi) atau hanya ingin memberikan kritik dan saran dapat mengirimkan ke bak_ui@yahoo.com sampai dengan tanggal 31 Desember 2010

Comments are closed.